PERKEMBANGAN PCI BUS

Posted by Labels: at

PERKEMBANGAN PCI BUS



Assalamu'alaikum wr. wb

kembali lagi nih sobat WOW Blog kali ini mimin mau berbagi pengetahuan yang mimin cari dan pelajari tentang PEKTEMBANGAN PCI BUS monggo sobat tanpa basa-basi silakan di simak baik" ea...

Penjelasan Singkat untuk Peripheral Component Interconnect atau PCI, PCI diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1992. PCI bus datang di kedua versi yaitu 32-bit (133MBps) dan versi 64-bit dan digunakan untuk memasang perangkat keras untuk komputer. Meskipun umumnya digunakan dalam komputer dari akhir 1990-an ke 2000-an, PCI sejak itu telah digantikan dengan PCI Express.
Revisi datang pada tahun 1993 untuk versi 2.0, dan pada tahun 1995 untuk PCI 2.1; sebagai perluasan ke bus ISA. Tidak seperti ISA dan kartu ekspansi sebelumnya lainnya, PCI mengikuti spesifikasi PnP dan karena itu tidak memerlukan jumper atau switch dip.
Pada tahun 1997 masalah ini sebagian diatasi dengan penerapan slot AGP terpisah (Accelerated Graphics Port) dengan bandwidth khusus. Langkah lain juga diambil di tingkat chip bersama dengan komponen yang terintegrasi, yang membantu untuk memperpanjang kelangsungan hidup PCI. Namun, dengan munculnya SATA, RAID, Gigabyte Ethernet dan permintaan tinggi perangkat lain, sebuah arsitektur baru ternyata diperlukan. Intel menjawab dengan PCI Express, atau PCIe.
PCI Express memiliki beberapa keunggulan, tidak hanya untuk pengguna tetapi untuk produsen. Hal ini dapat diimplementasikan sebagai pemersatu I/O struktur untuk desktop, ponsel, server dan workstation, dan PCI lebih murah daripada AGP untuk diterapkan di level board. Hal ini membuat biaya rendah untuk konsumen. Hal ini juga dirancang agar kompatibel dengan Sistem Operasi yang ada dan driver perangkat PCI.
PCI Express adalah sebuah koneksi point-to-point, yang berarti tidak berbagi bandwidth tapi berkomunikasi langsung dengan perangkat melalui sebuah saklar yang mengarahkan aliran data. Namun fitur yang paling menjanjikan adalah bahwa bandwidth yang lebih besar dan scalable yang dapat dicapai dengan menambahkan âlanes”
Peluncuran awal PCI-Express menyediakan tiga selera konsumen: x1, x2, dan x16. Jumlah tersebut merupakan jumlah jalur: x1 memiliki 1 lajur; x2 memiliki 2 jalur, dan seterusnya. Setiap jalur bi-directional dan terdiri dari 4 pin. Jalur memiliki tingkat pengiriman transfer 250 MBps di setiap arah untuk total 500 MBps, per lajur.


Jalur 16 (x16) slot menggantikan AGP untuk kartu grafis PCIe, sedangkan slot x1 dan x2 akan digunakan untuk perangkat atau device. sebagaimana peningkatkan kebutuhan grafis, x32 dan x64 slot ini akan direalisasikan, versi masa depan PCIe diharapkan untuk secara drastis meningkatkan tingkat jalur data.
PCI Express tidak boleh disamakan dengan PCI-X, yang digunakan dalam pasar server. PCI-X bus PCI meningkatkan standar untuk memberikan bandwidth maksimum 1GB/ps. PCIe telah dikembangkan untuk pasar server juga, awalnya dengan format x4, x8 dan x12 reserved. Ini jauh melebihi kemampuan PCI-X. Walaupun suda ada PCIe nampaknya PCI standar diperkirakan masih laris hingga 2006.


nah gimana sobat WOW BLOG?? udah pada ngerti belum...?? hehehe trimakasih ya sobat udah mampir ke lapak kusang mimin. pantengin terus ya jangan sampai ketinggalan informasi-informasi menarik lainya langsung dr WOW Blog.. ehehe

wassalamu'alaikum wr. wb 

sumber:
Back to Top