Mahasiswa Sebagai Pahlawan Devisa Negara

Posted by Labels: at
Mahasiswa Sebagai Pahlawan Devisa Negara



                Assalamu’alaikum wb. wb
             Alhamdulillah nih sobat WOW Blog sekarang admin udah mulai aktif kuliah lagi ini juga udah hamper 1 semester nih, doain ya ini mimin mau UAS nih nanti biar hasilnya memuaskan dan bias dapet IP tinggi supaya bisa banggaain ortu, eh malah curhat.. maaf sobat WOW Blog, kebiasaan mimin nih  heheh....... oh iya ini mimin dapet tugas dari dosen saya nih yaitu buat artikel tentang “Mahasiswa Sebagai Pahawan Devisa Negara”., langsung saja ya saya mulai ahahay.. baca dan cerna  baik” sobat WOW Blog…
                Mahasiswasebagai pahlawan devisa Negara, kenepa?? ( Disini yang banyak saya bahas adalah mahasiswa di bidang IT atau jurusan Teknik Informatika ). Karena mahasiswa mempunyai kesempatan yang jauh lebih besar dari pada orang -  yang bukan mahasiswa. Selaku orang yang berpendidikan maka mahasiswa mempunyai peran penting di bidang ini, khususnya yang saya bahas adalah mahasiswa IT atau mahasiswa Teknik Informatika. Kenepa?? Karena mahasiswa IT sudah sangat akrab dengan apa yang di masksud perkembangan jaman. Kita tahu bahwa anak” IT kita bisa dibilang mahir dalam penggunaan teknologi yang semakin mutakhir di era globalisasi ini, namun jika itu semua tidak di manfaatkan secara maksimal akan percuma dan mungkin malah akan berdampak negative.
                Mahasiswa khususnya di sini mahasiswa IT memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pahlawan devisa Negara, seperti yang saya bilang di atas tadi bahwa di antara tugas-tugas yang banyak mahasiswa juga mengemban beban yang berat karena merekalah orang” terdidik yang saya rasa mampu di banding orang” biasa lainya. Mahasiwa IT memiliki peluang bisnis yang besar karena mereka bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat di kuasai , karena memang itu lah bidang mereka. Dengan demikian mahasiswa IT memiliki peluang yang sangat besar sebagai Pahlawan Devisa Negara kita. Bukan hanya itu Mahasiswa pada umumnya juga memiliki sifat kreatif mereka cenderung lebih bisa membuat jalan keluar ataupun solusi dari suatu masalah dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Potensi-potensi itu lah yang bisa di manfaatkan untuk mengembangkan bakat mereka dalam berbagai hal terutama dalam berbisnis yang dapat menguntungkan diri mereka sendiri dan orang lain di sekitarnya.
                Mahasiswa juga memiliki jawa entrepreneurship yang tinggi. Yaitu jiwa kewirausahaan kebanyakan mahasiswa  memiliki sifat inovatif, keberanian dan kreatif. 3 hal itu yang menurut saya bisa membangun jiwa entrepreneurship karena dengan keberanian  mereka tidak ragu-ragu dalam mengambil sebuah resiko yang mungkin dengan cara itu akan membuat jalan dalam berbisnis menjadi lebih mudah dan lebih baik. Jiwa kreatif akan sangat membantu dalam sebuah bisanis karena kita tahu di era globalisasi ini bangak saingan dalam berbisnis dan untuk memenangkanya itu bukanlah hal yang mudah namun dengan jiwa kreatif bisa membuat persaingan itu lebih mudah karena dengan kekreatifan mahasiswa bisa menciptakan hal bsru dalam pemasaran bisnis mereka untuk itulah di sini sifat kreatif sangat penting dalam jiwa entrepreneurship. Sedangkan jiwa inovatif memiliki makna yang sama dengan sifat kreatif itu dalah 2 hal yang tidak bisa di pisah  dalam hal ini maka itu juga sangat penting dalam berbisnis. Yang saya bahas di atas adalah bahwa jiwa entrepreneurship sangat penting dalam devisa dan itu semua ada di dalam diri mahasiswa kita. Di tambah lagi mahasiswa IT yang menguasai bidang teknologi dengan mahir. Bayangkan jika jiwa entrepreneurship yang matang dan di gabungkan dengan mahirnya penggunaan teknologi. Maka duniapun bisa di genggam dengan itu semua, bukan tidak mungkin kalau Negara kita bisa menjadi Negara yang sangat maju dan menjadi Negara yang terpandang di mata dunia.
                Ngomong – ngomong soal bisnis kita tidak lepas dari prosesnya. Di jaman yang sangat manju sekarang ini jaman yang serba modern dan teknologi ini. Kita dituntut untuk menghargai waktu. hubunganya dengan bisnis adalah apa perbedaan dari 2 model bisnis yaitu model bisnis tradisional dan model bisnis online. Sebelum adanya perkembangan teknologi yang maju ini pastilah kita sering atau bahkan kita selalu menggukanan bisnis tradisional. Bisnis tradisional tidak lah buruk. Bisnis ini identik dengan segala sesuatu yang bisa membantu perkembangan bisnisnya namun dengan cara yang tradisional. Sebagai contoh saya kalo bisnis jual beli dengan cara tradisional. Jual beli akan membutuhkan pengiklanan dan butuh pemasaran, nah bisnis jual beli secara tradisional ini melakukan pemasarannya dengan cara tradisional yaitu di pasarkan dari mulut ke mulut, iklan slogan di jalan-jalan dan cara tradisional lainya. Dan dari segi pembelian ataupun pembayaran juga dilakukan secara tradisionl yaitu dengan bertemu langsung dengan si penjual dan uangpun juga di serahkan secara langsung. Menurut saya bisnis secara tradisional ini memiliki keuntungan di antaranya: ini cocok untuk mereka yang kurang bisa mempercayai seseorang dengan 100%, karena dengan bertemu secara langsung sangat sedikit sekali kemungkinan untuk tertipu dari segi keamanan ini mungkin lebih aman dari pada bisnis secara online. Namun bisnis ini juga memiliki kekurangan yaitu bagi mereka para pekerja kantoran yang memiliki waktu luang sedikit mereka tidak bisa melakukan bisnis secara tradisional karena keterbatasan waktu  luang yang mereka punya.
                Kemudian saya akan bahas bisnis secara online, bisnis secara online identik dengan teknologi yang canggih. Karena perkembangan jaman bisnis ini sangantlah di butuhkan untuk mereka yang ingin melakukan bisnis secara instan. Sebaga contoh juga yaitu bisnis jual beli namun secara online. Kita tidak perlu melakukan pemasaran kesana sini, tidak perlu turun ke jalan-jalan panas” hanya untuk membagikan informasi tentang profuk yan akan kita  jual.kita hanya bermodalkan smsrtphone atau PC + koneksi internet kita bisa mengiklan kan produk kita dan itu akan memakan waktu banyak bahkan juga itu akan  lebih efektif di banding harus turun ke jalan-jalan tadi. Dari sistem pembayaran pun dilakukan secara modern yaitu dengan cara transfer uang bukan dengan cara ketemu yang harus janjian dulu, harus nentuin tempat, nentuin waktu, dan ribet lah pokoknya. Dari system distribusi juga akan di antar langsung ke posisi yang sufah di cantumkan si konsumen. Namun segi negatifnya ialah bisnis ini harus exstra hati-hati khususnya bagi para konsumen. Karena kebanyakan bisnis dengan cara online yang di rugikan atau yang kena tipu adalah konsumen. Tapi itu kembali lagi kepada diri sendiri ya. Masih banyak pebisnis yang tidak melakukan kecurangan dalam mencari keuntungan jadi tidak perlu kawatir namun perlu waspasa saja menurut saya.
Hubunganya dengan Mahasiswa Sebagai Devisa Negara ialah bayangkan saja jika semua atau sebagian besar mahasiswa kita menjadi sebagai pebisnis dan mengimlentasikan yang sudah saya sampaikan di atas maka bukan hanya mahasiswa itu saja yang akan merasakan manfaatnya namun Negara juga akan merasakan apa yang sudah mereka capai.
Global advertising atau pemasaran global sangatlah penting dalam hal berbisnis seperti yang sebelumnya saya jelaskan di atas pemasaran sangatlah penting sebagai conoh bisnis jual beli, jika kita sebagai produsen kita perlu pemasaran, bagaimana konsumen bisa tahu produk kita kalo kita tidak memasarkanya atau memperkenalkanya kepada kalayak umum. Untuk itulah pemasaran sangat penting di kalangan bisnis. Yang harus di pahami atau di ketahui sebagai seorang pembisnis adalah Global Advertising berdasarkan segmen pasar. Kenapa itu penting??.  Jika kita ingin memasarkan suatu produk barang kita harus merencanakan pemasaran secra terstuktur dan bukan hanya asal memasarka saja. Karena kita harus tahu bahwa produk yang akan kita pasarkan itu cocok tidak di ghunakan untuk berbagai kalangan manyarakat. Maka kita harus memasarkanya berdasarkan segmen pasar itu akan mempermudah kita dan juga para konsumen. Dengan demikian produk yang akan kita pasarkan akan teriklankan secara maksimal dan optimal.
Sudah saya jelaskan di atas bahwa mahasiswa kita khususnya mahasiswa di bidang IT sangat berpeluang untuk menjajakin dunia perbisnisan karena dengan sudah ada bekal dalam dunia teknologi mereka juga akalah mahasiswa yang berpendidikan sehingga jika dimlihat dari persiapan mungkin mereka yang paling matang di banding mahasiswa lain, itu menurut saya. Tapi di dalam padatnya jadwal kuliah dan tugas – tugas yang tak pernah henti menimpa mereka itu lah yang menjadi sebuah kendala bagi mahasiswa untuk berbisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk tetap berbisnis seperti yang orang jawa bilang “Ono Doyo Ono Coro” yaitu ada udaha berarti ada jalan intinya semua kembali ke diri mahasiswa itu sendiri mereka mau atau tidak untuk berusaha berbisnis di sela kesibukan yang sedang mereka rasakan.
Jikalau mereka mau mencoba masuk ke dunia bisnis menurut saya yang paling efektif adalah e-bisnis  atau bisnis secara online, karena bisnis ini tidak menyita banyak waktu mahasiswa. Dan tidak membutuhkan modal yang lumayan besar.  Lalu bisnis apa yang cocok bagi seorang mahasiswa??. Menurut saya kita bisa memuai dengan hal yang ringan – ringan seperti menawarkan jasa karena dengan menawarkan jasa tidak membutuhkan modal uang yang besar cukup membutuhkan keahlian saja. Dimuali dari keahlian yang kita kuasai bisa juga du mulai dari jasa mengetik, aatu jasa menginstal ulang perangkat lunak, semua itu di jalani dengan tulus dan totalitas maka lamabat laut akan membuahkan hasil yang maksimal dan juga tidak berhenti belajar karena dengan belajar dan terus belajar kita bisa menambah wawasan kita dan itu juga bisa dimasukan ke dalam usaha bisnis yang kita bangun tadu misal kita belajar pemrograman dan kita sudah mahir kita bisa memasukan usaha membuat program dan lainya kedalam bisnis kita itu hanyalah imolementasi e-bisnis yang tepat bagi mahasiswa menurut saya. Itu hanya sebagian kecilnya saja dan masih banyak lagi peluang untuk berbisnis secara online maupun tradisional bagi mahasiswa kita.
Intinya dari artikel yang saya tulis selain untuk memenuhi kewajiban saya untuk mengerjakan tugas (hehehe bercanda). Disisni mahasiswa bisa jadi Pahlawan Devisa Negara. Namun kembali lagi ke diri kita masing – masing. Punya niat dan tekat yang kuat untuk terus maju itu lah kunci dari kesuksesan dan jangan lupa untuk terus belajar dan belajar karena dengan belajar kita akan semakin tahu kekurangan kita dan jika kita tahu kekurangan kita, kita bisa memperbaikinya  dan menjadi pribadi yang lebih baik bagi diri kita dan orang lain.
“ -YOUR CHOICE IS YOUR MIRACLE- ”
Trimakasih sobat WOW Blog sudah membaca sedikit artikel saya trimakasih sumber referensi saya juga.. hehE. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan trimakasih para blogger” setia saya…
Wasallamu’alaikum wr. wb.

               

                 
Back to Top